Ubi Jalar dan Kandungan Gizinya yang Mencengangkan

Di Jepang, harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung terigu 25% lebih mahal dari harga tepung. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering, karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit.

VITAMIN A UBI JALAR MERAH MENCAPAI 2310 mcg

Banyak orang memandang remeh dengan ubi jalar merah atau sweet potatoes (Ipomoea batatas). Padahal ubi yang satu ini mengandung beragam zat gizi yang sangat baik bagi tubuh.



Sehat dengan Konsumsi Ubi Jalar

Sumber utama karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya sederhana. Ubi jalar merah juga sangat kaya akan pro vitamin A atau retinol. Bayangkan, di dalam 100 gr ubi jalar merah terkandung 2310 mcg (setara dengan satu tablet vitamin A). Bahkan dibandingkan bayam dan kangung, kandungan vitamin A ubi jalar merah masih setingkat lebih tinggi. Keistimewaan ubi ini juga terletak pada kandungan seratnya yang sangat tinggi. Bagus untuk mencegah kanker saluran pencernaan dan mengikat zat karsinogen penyebab kanker di dalam tubuh.

Di Jepang, harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung terigu 25% lebih mahal dari harga tepung. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering, karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit. tepung ubi jalar lebih mahal daripada tepung gandum (terigu). Lalu bagaimana dengan kita, di Indonesia Ubi jalar masih belum pantas disandingkan dengan roti. Untuk mendapatkan manfaat fisik dan emosional, maka ada baiknya dicoba membuat roti menggunakan tepung ubi jalar, baik sebagai bahan utama maupun bahan “pewarna”.

Di bawah ini kandungan gizi Ubji Jalar Merah/100gr-nya

Protein 1.8 g
Lemak 0.7 g
Karbohidrat 27.9 g
Mineral 1.1 g
Kalsium 49 mg
Vitamin A (retinol) 2310 mcg
Vitamin C (askorbat) 20 mg

dari berbagai sumber.

About these ads

41 Tanggapan

  1. makanan kesukaan nie apalagi kalo direbus :-P

  2. ambil satu dahh…peri2 yuspul

  3. itu sama ga ya dengan ubi jalar yang ungu? atau kandungan gizinya ga jauh beda gitu? di tempat saya banyak yang jual soalnya.

  4. ada yang tahu…jawaban dari pertanyaan shatsyup, the kitty

  5. ubi itu enak.

  6. bikin kentut…bagus untk kesehatan

  7. Assalamua’alaikum. saya mahasiswa thp unila.
    mau tanya. ubi jalar merah itu yang dalamya ungu bukannya???
    ubi jalar merah dan oranye itu maksudnya sama atau beda?
    makasih…

  8. Wah lumayan dapat ilmu mulai skg aku mau rajin makan ubi jalar ah jg anak2ku. Tx share ilmu x

  9. saat piala dunia ubi jalar adalah makanan paling laku, knp? selain enak dan mengenyangkan, ubi jalar bisa juga untuk memudahkan buang angin saat nonton bola malam hari, bener ga?

  10. itu ubi jalar merah bagaimana dengan ubi jalar warna yg lainnya?

  11. Yth Bpk Mashaw,
    Artikel yang mencerdaskan bangsa, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, Kami dari MASS UD. adalah pengelola dan penghasil tepung ubi jalar di Indonesia dengan aneka tepung yang kami hasilkan, tetapi sampai dengan saat ini saya hanya menjual tepung ubi jalar untuk di export, karena pasar lokal banyak yang belum tahu tentang manfaat dan kegunaan tepung ubi jalar, semoga dengan adanya artikel ini dapat membuka wawasan kita tentang manfaat dan fungsi tepung ubi jalar.

  12. hemmm…..bingung nie,,, nie lagi tema buat PKM Q…hehehe

  13. askum salam kenal semua, aku mau tanya ni ,,,apa sih jenis ubi jalar yang bs di jual d pasaran sehingga dapat bernilai ekonomis d pasaran

  14. minta info kandungan gizi gembili donk..

  15. Asslm, klw ada lbh lanjut dunk…lg binggung buat lomba muridq

  16. br dngr klo ada tp ubi jalar tp gk tau kegunaannya tlng dijlskn kegunaan utk apa saja

  17. assalamualaikum….bisa minta tolong diinformasikan berapa kandungan gula pada ubi jalar ungu….Terimaksih………………….Wassalam

  18. kalau mau beli ubi jalar ungu di jawa tengah di mana ya?

  19. wawwwww…ternyata,,,

  20. ubi jalar merah rasanya manis, apa tidak akan menaikkan kadar gula darah bagi diabetesi? trims informasinya saya tunggu.

  21. makan ubi tiap hari gak bikin badan jadi gemuk

  22. mohon info mana yg lebih baik secara gizi, tepung ubi ungu atau tepung patinya?

  23. Saya membutuhkan tepung ubi jalar dalam jumlah yang banyak. Tolong informasinya mengenai pabrik yg memproduksi tepung ubi jalar ini. Thanks

  24. mohon ijin ng’link bos…artikelnya cocok u/cilembu…haturnuhun.

  25. Saya penderita diabetes type 2, boleh saya jadikan ubi jalar makanan utama saya. Usia saya 51 thn. Bb 60 kg, tg 160 cm. Berapa gr/hr yg boleh saya makan.

  26. Bagi penderita Diabetes ubi jalar ungu mrpk solusi yg tepat sbg pengganti karbohidrat karna memiliki kandungan gula yg rendah

  27. aku mw buat karya ilmiah niy tentang ubi jalar tmbahin referensinya iia…..

  28. Fotonya daging ubijalar warna ungu mengandung anti oksidan dapat untuk obat-obatan dan pewarna alami. Kalo yang dimaksud mengandung vitamin A adalah yang berwarna oranye kaya wortel. Smg ubjalar berkembang di Indonesia

  29. saya tinggal di wil. kab. bogor… siap untuk mengadakan ubi jalar jenis umum yang membutuhkan hubungi saya di. 085691747007

  30. terima ksih ya untuk infonya..mohon ijin copast… :)

  31. yg butuh tepung ubi jalar warna putih maupun ungu hubungi saya 089 888 55 333 atau email : widjaja_andry@yahoo.com

  32. kami menyediakan tepung ubi ungu,hubungi:081 353 541 494 atau email:artericodes@yahoo.com

  33. Kandungan gizi daun ubi jalar gmn ya..?

  34. selain rasanya yang enak,di korea katanya ubi jalar bisa menurunkan berat badan,itu benar ngak sih?

  35. makan yang mulai harus disukai ni..

  36. numpang nanya,,, ubi merah itu sama atau tidak dengan ubi yg berwarna ungu?

  37. Apakah ubi jalar bagus untuk penderita liver ????????? terima kasih atas balasannya.

  38. Apakah ubi yang ungu itu adalah racun bagi yang menderita liver ?????????? Terima kasih atas jawabannya .

  39. pengen nanya nich gan,,, kenapa adonan ubi ungu kalo kena alumunium (zink) suka berubah warna menjadi hijau,,, istriku pernah coba bikin bolu berbahan dasar ubi ungu menggunakan loyang ( kurang begitu jelas apakah berbahan alumunium atau zink / seng ), sebelum di panggang / di kukus warna belum berubah masih ungu tapi begitu matang warna berubah jadi kehijua-hijauan…. dengan perubahan warna tersebut apakah tetap aman di konsumsi??
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  40. kami butuh penampung tepung ubi jepang dan lokal,.
    cp 085315699533
    081324012919

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: