3gp Puting Beliung di UGM

Puting Beliung Bertamu ke UGM

UGM, puting, beliung, buah dada, pohon, tumbang

Jumat, 7 November 2008 | 16:49 WIB

YOGYAKARTA, JUMAT — Angin puting beliung mengamuk di sekitar kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Akibatnya, sejumlah pohon ambruk dan menyebabkan atap sejumlah gedung porak poranda.

Sebagian pohon yang ambruk menimpa atap gedung. Sebuah pohon akasia menimpa atap Kantor Pos yang ada di lingkungan UGM. Gedung Gelanggang Mahasiswa di Jalan Kaliurang tidak hanya tertimpa sebuah pohon jati yang ambruk, tetapi atapnya juga rusak tersapu angin. Sebuah mobil yang diparkir di depan Kantor Pos UGM juga tertimpa pohon sehingga kacanya pecah.

Pohon-pohon yang bertumbangan juga merusaka atap dan menyebabkan sejumlah kaca gedung pecah. Gedung-gedung lainnya yang rusak, antara lain Wisma Kagama, Kopma UGM, Kantor Bank BNI 46, Kantor Bank Mandiri, Gedung Purna Budaya, dan Gedung PSKK.

Selain itu, sejumlah pohon besar yang bertumbangan juga menutupi jalan. Akibat hal tersebut, arus lalu lintas di sekitar UGM tersendat. Bunderan UGM, Jalan Kaliurang, dan Jalan Cik Di Tiro macet total serta sejumlah arus lalu lintas dialihkan.

Menurut sejumlah saksi, angin kencang yang menyertai hujan deras terjadi pada Jumat (7/11) sekitar pukul 14.45. Saat puting beliung mendera, mendung gelap berarak dari arah selatan ke utara dan balik lagi ke selatan.

Para pedagang kaki lima yang biasanya berdagang di bawah pohon sempat kocar-kocar. Hampir semua gerobak pedagang roboh akibat kuatnya angin. Sebagian pedagang dan orang yang tengah berlindung di bawah pohon terpaksa melarikan diri ke tempat yang lapang seperti di tengah Boulevard UGM.

Sisa amukan puting beliung dapat dilihat pula dari gerobak-gerobak pedagang yang berserakan di tepi jalan dan pecahan piring. Sejauh ini belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Mudah2an aktivitas di lokasi kejadian sudah kembali normal, dengan demikian sales kami bisa loper roti di swalayan kopma UGM.

Berikut ini adalah rekaman video amatir yang diambil dari Gedung Pusat UGM (ketika merekam terlihat tiang-tiang penyangga gedung tersebut) yang terletak sekitar 100 m ke utara dari tempat kejadian.

Download link:

3gp video 1 z
3gp video 1 f

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: