Bahaya Makanan Murah “Meriah”

Bahaya Makanan Harga Murah

Sehubungan dengan usaha distribusi kami yang produk utamanya berbahan dasar tepung, maka kami merasa perlu untuk menyampaikan info kriminal berikut ini.

Selain untuk bahan membuat roti dan kue, terkadang tepung juga digunakan sebagai campuran masakan olahan, seperti siomay, ayam goreng, nugget, seafood, dan berbagai masakan lainnya.

Tingginya kebutuhan akan tepung membuat harganya terus melambung. Tak heran banyak orang kini mulai mencari berbagai cara untuk menekan biaya produksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan tepung alternatif karena harganya murah dan terjangkau.

Peluang pasar ini ternyata dilirik Mudiyanto, seorang pengusaha tepung roti di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Namun ironisnya ia membeli roti-roti basi yang sudah berjamur untuk diolah kembali menjadi tepung roti.Saat SCTV mendatangi kediaman sekaligus pabrik milik Mudiyanto ditemukan pula label-label roti yang sudah kadaluwarsa dan karung-karung roti yang siap diolah. Mudiyanto mengaku, selain untuk makanan ikan tepung roti basi ini juga dikonsumsi masyarakat untuk keperluan sehari-hari.

Setelah melewati proses penjemuran dan penggilingan, tepung roti basi Mudiyanto pun siap dipasarkan. Selama kurang lebih tiga bulan beroperasi, dia mengaku banyak para pelanggan yang datang langsung ke rumahnya untuk membeli tepung rotinya.

Alasan pelanggan membeli tepung roti Mudiyanto adalah karena harganya murah. Umumnya mereka pedagang kecil, seperti pedagang siomay, nugget, dan ayam goreng yang kelimpungan menyiasati mahalnya tepung terigu di pasaran.

Ternyata pelanggan Mudiyanto tidak hanya di kalangan pedagang. Tepung roti basi Mudiyanto mulai dilirik masyarakat sekitar. Salah satunya Risan. Menurut dia, rasa tepung roti yang dibeli dari Mudiyanto memang sedikit berbeda agak pahit. Namun ia mengaku sejauh ini belum mengalami gangguan kesehatan setelah mengkonsumsi tepung roti tersebut. “Kalau tepung biasa rasanya gurih,” kata Risan.

Sayangnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan yang seharusnya memberikan penjelasan bahaya tepung roti basi ini kepada masyarakat tidak bisa dimintai keterangan. Sementara, menurut ahli pangan Institut Pertanian Bogor, Purwiyatno Hariyadi, mengkonsumsi tepung roti dari roti yang sudah basi dan berjamur jelas membahayakan kesehatan.

Purwanto menambahkan, kendati tidak dirasakan dalam waktu dekat dikhawatirkan jika mengkonsumsi tepung roti dari roti basi dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kesehatan. Salah satunya adalah penyakit kanker

Terkait dengan itu Purwanto menyampaikan tips untuk memilih tepung roti yang benar-benar layak konsumsi. Antara lain, belilah tepung roti dari industri terdaftar, selalu perhatikan label gizi tepung. Kemudian lihat tanggal kedaluwarsa tepung roti, dan pastikan tepung roti tidak berbau tengik dan berjamur, serta yang pasti jangan pernah tergiur harga murah.

Sementara itu, Mudiyanto kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Menurut Kepala Kepolisian Sektor Tambun, Ajun Komisaris Polisi Shinto Silitonga, ia terancam hukuman 15 tahun penjara.

sumber: http://www.liputan6.com/buser/?id=163063

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: