Cara Tes / Cek Ragi yg MASIH Berfungsi (Bekerja)

“yang penting raginya masih bisa bekerja, walaupun sudah lewat expire date-nya, lalu dia memberikan tips mengecek yg saya ketikkan untuk Anda di sini”. Tapi saya pribadi tidak menganjurkan Anda mengikuti saran baker kursus saya itu, kcuali kalo produksi roti untuk dimakan dw, seperti yg kursusan itu juga hasilnya untuk dimakan peserta

Apakah Ragi Roti Anda Masih  bisa Digunakan

Sebagaimana sudah saya janjikan sebelumnya, maka artikel kali  ini akan membahas mengenai cara mengecek apakah ragi roti masih berfungsi atau tidak. Hal ini menarik untuk diperhatikan karena terkadang kita sering mengabaikan hal kecil, tapi ketika kita membutuhkannya kita mencari-cari sambil menyesal dan menggerutu, menyalah-nyalahkan-yg pasti bkn diri wd-, dan berjanji-dlm hati- gak akan ulangi lagi kelalaian yg membuat sulit diri dw itu. Ngerti maksud saya?..BTW..here is the article

Langkah / tahapan cara mengecek kadaluarsa ragi roti

  1. Langkah pertama yg paling pasti adalah cek expirate date atau tgl kadaluarsanya. Lha iya to..masak mau cek kandungan gizi ragi di kemasannya. Jika sudah expired/kadaluarsa, maka lebih baik ganti dengan yang baru, jika belum kadaluarsa maka Anda bisa lakukan pengecekan di tahapan selanjutnya. Sebenarnya, guru kursus saya bilang …”yang penting raginya masih bisa bekerja, walaupun sudah lewat expire date-nya, lalu dia memberikan tips mengecek yg saya ketikkan untuk Anda di sini”. Tapi saya pribadi tidak menganjurkan Anda mengikuti saran baker kursus saya itu, kcuali kalo produksi roti untuk dimakan dw, seperti yg kursusan itu juga hasilnya untuk dimakan peserta.
  2. Sediakan air hangat-hangat kuku 0,5 gelas (100ml)
  3. Sediakan 1 sendok ragi yang akan diuji
  4. Sediakan gula pasir 1 sendok teh
  5. Alat yang digunakan adalah gelas dan sendok

Pelaksanaan Uji ragi roti

Masukkan semua bahan ke dalam air hangat hangat kuku tersebut, lalu aduk perlahan, perhatikan dengan seksama. Jika ada buih-buih yang muncul dari reaksi bercampurnya bahan-bahan tersebut maka pertanda bahwa ragi tersebut masih aktif dan bisa digunakan.

Penjelasan uji ragi roti:

Semua isi artikel in berdasarkan ingatan saya, Anda bisa cek ke blog lain yang mungkin lebih lengkap dan lebih ilmiah. INtinya adalah untuk mengetahui ragi masih bisa melakukan fermentasi atau tidak, untuk itu, gula sebagai makanan ragi diberikan plus kondisi lingkungan yang mendukung terjadinya fermentasi. Buih-buih itulah yang menandakan ragi sedang bereaksi dengan gula (fermentasi)

Satu Tanggapan

  1. Ragiku expd date Sep 2010 baru saja 19 Mei 2013 aku tes masih bagus, busanya melimpah, mungkin karena kusimpan dalam freezer. Setahun gak bikin roti, nanti mau bikin roti lagi ah. Roti Abon uenak..

Tinggalkan Balasan

