Lemak Durian, Emang aDA, BAHAYAKAH? Di sini jawabnya

durian banabakery

durian banabakery

banabakery.co.cc – Lemak jenuh daging ayam paling rendah di antara daging-dagingan, selain tinggi kandungan lemak tak jenuhnya. Sementara itu, kelapa tinggi sekali kandungan lemak jenuhnya dan nyaris tidak punya lemak tak jenuh. Ayam lebih menyehatkan ketimbang kelapa

Jangan Gentar dengan Lemak DURIAN..!

durian banabakerym, duren, health champaign

durian banabakery



banabakery.co.cc
– Lemak jenuh daging ayam paling rendah di antara daging-dagingan, selain tinggi kandungan lemak tak jenuhnya. Sementara itu, kelapa tinggi sekali kandungan lemak jenuhnya dan nyaris tidak punya lemak tak jenuh. Ayam lebih menyehatkan ketimbang kelapa.

Jangan gentar makan banyak durian dan alpukat, sebab lemak dalam kedua buah itu tergolong lemak tak jenuh yang menyehatkan. Lemak ini sama elok seperti lemak bijak dalam minyak zaitun, minyak wijen, dan lemak omega dalam minyak ikan.

Daging Unggas

Semua jenis susu mengandung lemak separuh daging putih (ayam, kelinci, ikan), tapi hanya susu sapi dan kaleng yang selain mengandung kolesterol, kandungan lemaknya lebih tinggi pula.

Lemak total dalam air susu ibu cuma sepersepuluh susu kaleng fullcream, serendah itu pula kandungan lemak jenuhnya. Jika air susu ibu dianggap menu paling bijak buat tubuh manusia seharusnya tidak memilih minum susu sapi, kerbau (lemaknya empat kali susu sapi), atau kaleng agar tubuh kita tidak berubah menjadi semontok sapi atau kerbau.

Dalam menu harian kita, sumber makanan berlemak sungguh bervariasi, baik yang terkandung dalam lemak hewani maupun yang ada dalam lemak nabati. Semua sumber lemak nabati hanya berisi lemak, tapi tak berkolesterol. Sementara sumber makanan berlemak hewani umumnya selain mengandung lemak, ada kolesterolnya juga.

Jika diamati, sumber makanan berlemak hewani yang paling bijak hanya ikan, terutama ikan laut. Lemaknya cuma sepertiga daging sapi, lemak jenuhnya pun seperlimanya, dan kolesterolnya tidak lebih tinggi dari yang ada di daging. Kelebihannya dibanding daging, kandungan lemak tak jenuh ikan sangat bermanfaat.

Di antara daging-dagingan, daging putih (bukan sapi, kambing, babi, kerbau), unggas khususnya yang paling bersahabat untuk terus dikonsumsi. Daging ayam, unggas umumnya, kendati tinggi kandungan lemak totalnya, tapi rendah saja lemak jenuhnya dan tinggi lemak tak jenuhnya, selain kolesterolnya pun lebih rendah dari daging sapi.

Tinggi Kolesterol

Tak sedikit sumber makanan yang lemaknya tidak tinggi, namun tinggi kandungan kolesterolnya.

Bisa disebut bahan makanan tersebut berturut-turut, kandungan kolesterol otak babi 35 kali daging sapi, otak sapi 30 kali ginjal sapi 10 kali, jeroan sapi 5 kali, dan kuning telur 4 kali.

Anda doyan makan udang rebus? Udang betul nyaris tidak mengandung lemak jenuh, namun kolesterolnya hampir dua kali kolesterol daging sapi. Kolesterol daging kambing sama dengan daging sapi, tapi lemaknya lebih rendah.

Kandungan lemak jenuh minyak babi memang cuma sepertiga minyak kelapa. Namun, kolesterolnya paling tinggi di antara semua menu berkolesterol, jauh lebih tinggi dari kolesterol daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Lalu, bagaimana kalau kita doyan makan kacang rebus? Lemak dalam kacang tanah memang tinggi, sama tinggi dengan lemak jenuh minyak jagung. Kendati demikian, kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkannya mengalahkan kacang kedelai.

Di antara minyak-minyak yang sehat, minyak jagung dan bunga matahari tergolong rendah lemak jenuhnya, meski sangat tinggi lemak tak jenuhnya. Masalahnya buat kultur masak kita, minyak jagung akan berubah sifat bisa menjadi lemak jenuh jika dipanaskan atau dipakai berulang.

sumber kompas.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: