Video : SAPA Bilang CO gak KEna Kangker Payudara

Pada saat kita mendengar berita wafatnya musisi Melky Goeslaw beberapa minggu lalu, tentu ada beberapa dari kita yang kaget. Pasalnya, salah satu penyebab musisi asal Ambon ini berpulang adalah kanker payudara. Apa iya, kanker jenis ini bisa menyerang laki-laki?

Benarkah Kangker Payudara bis menyerang laki-laki

Pada saat kita mendengar berita wafatnya musisi Melky Goeslaw beberapa minggu lalu, tentu ada beberapa dari kita yang kaget. Pasalnya, salah satu penyebab musisi asal Ambon ini berpulang adalah kanker payudara. Apa iya, kanker jenis ini bisa menyerang laki-laki?

Kangker Payudara juga MenyErang Payudara Laki-laki

Ya, jawabnya iya. Kanker payudara ternyata tidak hanya menyerang kaum perempuan. Penyakit kronis ini juga menjangkiti para pria, terutama yang berusia paruh baya. Sayangnya, banyak pria kurang mengenali gejala klinis penyakit ini, sehingga kankernya telanjur menyebar atau memasuki stadium lanjut.

Menurut Sutjipto, ahli bedah onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, kanker payudara pada pria jumlahnya sedikit, yakni 5-7 persen dari seluruh penderita kanker payudara.  “Perempuan lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan pria karena perbedaan hormon,” ujarnya.

Gejala klinis kanker payudara pada pria menyerupai kanker payudara pada perempuan dan berasal dari kelenjar susu. Bedanya, pria jarang terkena penyakit ini di bawah umur 50 tahun. “Kebanyakan penderita terkena pada usia lanjut. Bahkan, menurut kepustakaan, pria berisiko terkena kanker payudara ketika memasuki usia 60 tahun,” kata Sutjipto.

“Untuk itu, kaum pria sebaiknya mengendalikan faktor risiko terkena kanker payudara,” ujarnya. Salah satunya adalah warisan gen kanker atau keturunan. Seorang pria berisiko terkena penyakit ini jika ada kerabatnya, baik pria maupun perempuan, terkena kanker payudara. Ayah dengan mutasi gen kanker payudara juga bisa mewariskan kanker tersebut kepada anak-anak perempuannya.

“Gaya hidup buruk seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol juga meningkatkan risiko kanker,” tuturnya. Selain itu, Sutjipto menambahkan, stres dan kondisi lingkungan yang tercemar polusi membuat kaum pria rentan terserang berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Penyakit hati juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko kanker payudara pada pria. Jadi, metabolisme hati (perlemakan hati) menyebabkan metabolisme hormonal jadi terganggu dan memicu pembesaran kelenjar susu di payudara yang ganas. “Pembesaran kelenjar susu pada pria bisa disebabkan komplikasi penyakit lever, ada kelainan hormon atau kromosom,” tuturnya.

Oleh karena itu, kaum pria sebaiknya mewaspadai apabila ada benjolan padat dan keras di belakang puting susunya. “Sebenarnya kanker payudara pada pria lebih mudah dideteksi karena bentuknya kecil. Namun karena ini tidak umum diderita kaum lelaki, hal ini kerap diremehkan sehingga kurang mewaspadai penyakit ini,” ujarnya.

Video seorang ayah yg kena kangker payudara
Hal ini pula yang membuat sebagian besar pasien datang ke dokter ketika kankernya sudah menyebar ke organ tubuh lain atau sudah stadium lanjut. Kebanyakan pasien datang dengan keluhan di tempat lain, seperti sudah tersebar di paru-paru, kelenjar getah bening di ketiak. Sebab, tidak ada keluhan klinis kecuali sudah merembet ke bagian lain.

Terapi kanker payudara pada pria sama dengan jika hal itu terjadi pada perempuan. Selama sel kankernya belum menyebar (metastasis), perlu dilakukan pembedahan radikal untuk membuang seluruh jaringan payudara sampai kopong. Selain pembedahan, bisa dilakukan kemoterapi. “Makin dini kanker payudara dideteksi, kemungkinan sembuh kian besar,” kata Sutjipto.

http://www2.kompas.com/ver1/Kesehatan/0612/30/214338.htm

5 Tanggapan

  1. Pagi Mas, ijin ngikutin blognya ya..🙂
    terima kasih

  2. informasi yang menarik..
    saya baru tahu..
    terima kasih

  3. This was just what I was on looking for! I’ll come back to this blog for sure!!

  4. […] panerai watch panerai watch bands panerai watches panerai watches for sale panerai+watches+for+sale rolex rolex 18k 8385 750 rolex 2011 rolex 24 at daytona rolex 24 daytona 2011 […]

  5. Awesome website…

    […]the time to read or visit the content or sites we have linked to below the[…]……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: